KOPI LUWAK Asli dari Kotoran Hewan

Saifuddin Zuhri | Tuesday, January 22, 2013 | 0 komentar
Kopi Luwak
Kopi luwak memiliki rasa dan aroma yang khas, inilah yang membuat kopi ini berbeda dengan kopi biasanya. proses pembuatannyapun sangat panjang sehingga pantas kopi ini dihargai sangat mahal.

Kopi luwak merupakan olahan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran hewan bernama luwak yang tampangnya mirip musang. Luwak mempunyai keunikan sebagai hewan yang doyan makan biji kopi. Namun tak sembarang biji kopi langsung ditelan mentah2, si luwak akan memilah2 lebih dahulu biji kopi mana yang sudah matang & cukup baik.

Dengan indera penciumannya yang peka, luwak akan memilih buah kopi yang betul-betul matang optimal sebagai makanannya. Buah kopi yang dikonsumsi diproses melalui sistem pencernaan dan tidak tercerna karena masih berkulit keras (kulit tanduk) namun mengalami proses fermentasi dalam saluran cerna, kemudian dikeluarkan dalam bentuk kotoran berupa gumpalan biji kopi utuh bercampur lendir. Biji kopi luwak tersebut dibersihkan dengan metode double washer sehingga bebas najis. Terdapat perubahan warna menjadi lebih kuning dan memiliki aroma khas berbeda dibandingkan dengan kopi non fermentasi. Selanjutnya mengalami proses sebagaimana pengolahan biji kopi lainnya. Jenis kopi yang dimakan oleh luwak adalah kopi arabika.



Setelah melakukan kajian, MUI menemukan bahwa hewan luwak hanya memakan kulit luar buah kopi dan menyisakan kulit tanduk buah kopi. Biji kopi luwak harus melalui pencucian terlebih dahulu sebelum dapat dikatakan halal.( Sumber: Blognyamitra )


Proses Pembuatan Kopi Luwak
Pertama, para petani mulai memetik buah kopi yang sudah matang di pohon, yang berwarna merah.
..
luwak atau bagaimana Anda menyebutnya? Civet? Musang? A small squirrel-like arboreal mammal, hehehe, dipersilakan memakan buah kopi terbaik yang sudah dipilih oleh para petani tadi. O ya tubuh luwak hanya akan mencerna daging buahnya saja, sementara bijinya nanti akan tetap utuh saat dikeluarkan kembali dalam bentuk feces.


Inilah bentuk feces luwak yang terkenal itu, seperti sudah disebut di atas, bijinya tetap utuh kan ? Secara fisik, biji kopi luwak dan kopi lain bisa dibedakan dari warna dan aromanya. Biji kopi luwak berwarna kekuningan dan wangi, sedangkan biji kopi biasa berwarna hijau dan kurang harum.

 








Faces luwak kemudian di ambil dari kandangnya.



Selanjutnya biji kopi yang tercampur dalam feces, dipisahkan, dikumpulkan, dibersihkan, kemudian dijemur, dan jadilah biji kopi luwak yang terkenal mahal itu. Bisa dipastikan, ini adalah biji kopi terbaik, sebab hanya buah kopi matang yang dipilih musang sebagai makanannya.


Kopi Tahi luwak siap di hidangkan. enaknya ! (sumber : unikgaul )
Khasiat Kopi Luwak
Melindungi kulit, khasiat kopi luwak yang pertama adalah mampu melindungi kulit dari serang penyakit kulit, seperti kangker kulit, bila kita rajin mengkomsumsi kopi luwak maka resiko terkena kangker kulit akan dapat dikurangi, seperti kata pepatah mencegah lebih baik dari pada mengobati.
  1. Mencegah diabetes, para pengkonsumsi kopi luwak aktif, menurut penelitian akan sangat kecil terkena resiko penyakit diabetes, zat ada dikopi luwak mampu menahan virus penyebab diabetes.
  2. khasiat kopi luwak juga mampu mencegah datangnya penyakit batu empedu, kafein yang banyak dikandung oleh kopi luwak mampu memperlancancar kolestrol-kolekstrol didalam kantung empedu, sehingga tidak mengendap yang bisa berakit penyakit batu empedu.
  3. Merawat gigi, inilah kelebihan kopi luwak dengan kopi biasa, karena mampu melindungi gigi kita dari gigi berlubang.
  4. Kangker payudara, salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa adalah kangker payudara, penyakit yang satu ini sangat berbahaya bagi penderitanya. Penyakit ini juga mampu dikurangi resiko terkenanya dengan mengkonsumsi kopi luwak secara rutin. 
    (sumber: Khasiatdaunalami )


Refrensi:
http://blognyamitra.wordpress.com/2013/01/20/lebih-dekat-dengan-kopi-luwak/
http://khasiatdaunalami.blogspot.com/2012/07/khasiat-kopi-luwak.html
http://www.unikgaul.com/2012/01/kopi-luwak-merupakan-biji-kopi-matang.html

 Tentang Luwak Silahkan baca di postingan sebelumnya

Category:

About Biotakson:
Biotakson diambil dari kata biotaksonomi, yang artinya tingkatan-tingkatan dalam biologi, nama ini disesuaikan dengan kontent blog ini yang mengulas hal-hal yang berhubungan dengan biologi ditambah dengan komputer

0 komentar