Petunjuk Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Judul Penelitian PTK
- Ditulis secara singkat, spesifik dan jelas
- Menggambarkan masalah yang akan diteliti
- Menggambarkan tindakan penelitian yang dipilih untuk memecahkan masalah
- Ada Setting (tempat dan waktu)
- Jumlah kata jangan terlalu panjang sekitar 20-25 kata
Contoh:
- Penggunaan Metode Matrik Perbandingan untuk Meningkatkan motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Kawasan Benua dan Negara Tetangga di Kelas 7 SMPN 3 Solo Tahun 2004
- Meminimalisir Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran IPS melalui Penggunaan Modul IPS Terpadu di Kelas VII SMPN 10 Solo Tahun 2007
- Peningkatkan keberanian siswa untuk berenang melalui penggunaan alat-alat bantu berenang pada Siswa Kelas 3 SDN I Jaten Kec Jaten Kab Karanganyar
- Mempercepat ketepatan Handgrip melalui Pola Latihan Silang antara pukulan Forhand Volley dan groundstroke Depan Belakang Pada Permainan Tenis Kelompok Ex Pemain Badminton.
BAB PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
- Masalah PTK yang diangkat:
- Merupakan masalah nyata di kelas / sekolah, bukan hasil kajian teoretik dari buku
- Dapat terinspirasi dari hasil penelitian terdahulu, tetapi digali dari permasalahan pembelajaran yang aktual.
- Masalah didiagnosis secara kolaboratif oleh guru atau kelompok guru.
- Masalah harus bersifat:
- penting dan mendesak untuk dipecahkan,
- dapat dilaksanakan (ketersediaan waktu, biaya dan daya dukung lainnya).
- Hal-hal yang perlu dideskripsikan pada LBM:
- Deskripsikan masalah yang dihadapi
- Sajikan fakta/bukti-buktinya
- Deskripsikan apa yang seharusnya dicapai
- Deskripsikan dampaknya jika masalah tersebut tdk teratasi
- Deskripsikan penyebab-penyebab masalah tersebut
- Deskripsikan alternatif pemecahan masalah tersebut
2. Rumusan Masalah
- Substansi rumusan masalah PTK
- Ada permasalahan yang akan diatasi
- Ada alternatif tindakan yang akan diambil dan hasil positif yang diantisipasi
- Bentuk rumusan menggunakan kalimat tanya, contoh:
Apakah Penggunaan Metode Matrik Perbandingan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ?Apakah Penggunaan Modul A dapat Meminimalisir Miskonsepsi Siswa dalam Pembelajaran ?Apakah penggunaan sesuatu dapat meningkatkan sesuatu siswa ?
b. Buat definisi operasional dari variabel pokok penelitian
c. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian perlu dirumuskan secara singkat dan jelas tentang apa yang ingin diatasi atau dicapai berdasarkan permasalahan dan cara pemecahan masalah yang dikemukakan.
Contoh:
- untuk mengetahui peningkakan motivasi belajar siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
- Meningkatkan hasil belajar yang lebih bermakna baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa melalui penggunaan penggunaan metode matrik perbandingan
4. Manfaat Penelitian
- Manfaat penelitian perlu diuraikan secara jelas dan sistematis baik praktis maupun teoritis
- Kemukakan manfaat bagi siswa, guru, komponen pendidikan terkait di sekolah,.
1. Bagi siswa:
- Tumbuhnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran
- Meningkatnya hasil belajar siswa baik aspek kognitif maupun afektif
- Meningkatnya ketrampilan sosial siswa dalam bergaul di lingkungan sosialnya
- Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar
2. Bagi guru:
- mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran Pengetahuan sosial
- Diperolehnya strategi pembelajaran yang tepat untuk materi bahasan Negara maju dan Negara berkembang
- Diperolehnya media pembelajaran yang cocok untuk pembelajaran Kawasan Regional
- Meningkatnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pengetahuan Sosial
- Tumbuhnya motivasi guru dalam mengembangkan proses pembelajaran yang bermutu
- Tumbuhnya iklim pembelajaran siswa aktif di sekolah
C. Bab Kajian Teori dan Hipotesis Tindakan
- Deskripsikan kajian teori yang relevan dengan topik penelitian yang dilakukan , terutama variabel yang mau diatasi (variabel Y= variabel terikat) dan variabel digunakan untuk mengatasi (variabel X= variabel bebas)
- Deskripsikan hasil penelitian terdahulu yang relevan dg topik yang diteliti
- Buat kerangka pemikiran yang menjelaskan keandalan tindakan untuk mengatasi masalah.
- Buat kerangka pemikiran diatas dalam bentuk gambar skema tindakan
- Tulislah Hipotesis tindakan.
D. Bab Metode Penelitian
- Setting Penelitian
Deskripsikan Tempat, kondisi dan waktu penelitian dilakukan
- Subjek Penelitian
Deskripsikan Subjek penelitian secara lugas yang mencakup jumlah, jenis kelamin, cakupan, kondisi siswa.
- Prosedur Penelitian
- Jelaskan metode penelitian, siklus penelitian, dan prosedur penelitian
- Jelaskan jumlah siklus, tindakan siklus I, siklus 2 dan seterusnya disertai dengan penjelasan
Prosedur Penelitian mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta analisis dan refleksi
a. Perencanaan Tindakan
Deskripsikan tentang persiapan tindakan, kegiatannya mencakup :
- penyusunan rencana tindakan (skenario pembelajaran)
- penyusunan media
- penyusunan materi
- penyusunan instrumen
- Simulasi rencana tindakan (skenario pembelajaran)
b. Pelaksanaan tindakan
Deskripsikan rencana pelaksanaan tindakan dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta jumlah pertemuaannya.
c. Observasi tindakan
Jelaskan data yang dikumpulkan dan teknik pengumpulan data (soal test, lembar observasi, kuesioner)
d. Analisis dan Refleksi
Deskripsikan teknik analisis yang digunakan serta bahan dan prosedur refleksi yang digunakan
E. Bab Hasil Penelitian dan Pembahasan
Pada bagian ini sistematika sajiannya dapat dibuat sebagai berikut:
a) Kondisi Awal
b) Siklus I
c) Siklus II
d) Siklus III
e) Siklus berikutnya (jika ada)
f) Pembahasan antar siklus
Penjelasan
1) Kondisi Awal
Deskripsikan fakta dari permasalahan
atau kondisi variabel yang ada sebelum dilakukan peneltian, misal:
nilai tes rata-rata yang dicapai, aspek ketrampilan sosial yang ada,
tingkat keberanian bertanya siswa, miskonsepsi yang terjadi , dan
sebagainya.
2) Siklus I,
Untuk masing-masing siklus dapat disajikan urutan sebagai berikut:
- Rencana tindakan (deskripsikan skenario pembelajaran),
- Pelaksanaan tindakan (deskripsi hasil observasi proses pelaksanaan pembelajaran secara rinci dari dari awal sampai akhir setiap pertemuan)
- Hasil Tindakan (sajikan /deskripsikan hasil analisis data dari observasi proses, hasil test, dan angket)
- Hasil Belajar Siswa Aspek Kognitif
- Hasil Belajar siswa apek ketrampilan sosial (keberanian siswa dalam bertanya, berpendapat dan berargumentasi)
- Efektifitas cara pembelajaran menurut siswa dan seterusnya
- Refleksi
a) Deskripsikan hasil analisis tindakan dan bandingkan dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan), dan sertakan fakta-fakta penting dalam proses penelitian sebagai bahan analisis kritis.b) Deskripsi ini merupakan sajian analisis kritis terhadap indikator kinerja VS hasil tindakan serta pengembangan konsep teoritis dan rencana tindak lanjut yang diperlukan.
3) Siklus II (seperti siklus I)
4) Siklus III ((seperti siklus I)
5) Pembahasan Antar Siklus
BAB SIMPULAN DAN SARAN
- Simpulan
Simpulan merupakan jawaban terhadap perumusan masalah. Jadi untuk membuat kesimpulan harus disesuaikan perumusan masalahanya, jika ada 3 perumusan masalah pada bagian pendahuluan maka minimal ada 3 kesimpulan yang harus dibuat.
- Saran
Merupakan tindak lanjut dari hasil penelitian baik yang bersifat teoritis, praktis, maupun kebijakan.
G. Sistematika Penulisan Proposal PTK
BAGIAN PEMBUKA
Halaman Judul
Daftar Isi
Bagian I. Pendahuluan
A. Latar Belakang MasalahB. Perumusan MasalahC. Tujuan PenelitianD. Manfaat Penelitian
Bagian II. Landasan Teori dan Pengajuan Hipotesis
A. injauan PustakaB. Hasil Penelitian yang RelevanC. Kerangka PemikiranD. Hipotesis Tindakan
Bagian III Metode Penelitian (cara penelitian)
A. Setting PenelitianB. Subjek PenelitianC. Prosedur Penelitian (langkah-langkah PTK)
- Perencanaan Tindakan
- Pelaksanaan Tindakan
- Observasi Tindakan
- Analisis dan Refleksi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Sumber : Zaifbio Wordpress
Category: Penelitian
0 komentar