Metode Ilmiah dan Sikap Ilmiah

Saifuddin Zuhri | Wednesday, October 18, 2017 | 0 komentar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEit7ygvk2k1_b2jaw579yqsN3LZeHLUahzAU5tK0xkg2cOHkqRLK_d9HjS7zvNXPRp49xnpdSl_JYbjIIjdpvZvEbXiew8npJM3DR8IzOpKkaPCMpn6VZ10mTpujzqp53UmOuYNuwoke6M/s1600/IMG0117A.jpg
Sumber Gambar : http://penelitianbiologismasas.blogspot.co.id/

Karena biologi tidak lepas dari segala sesuatu yang bersifat ilmiah, maka sebagai dasar dalam mempelajari biologi, kita juga dituntut untuk memahami metode ilmiah dan sifat-sifat ilmiah.

Metode ilmiah bisa dikatakan sebagai suatu usaha untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan bukti-bukti fisis. suntuk mendapatkan bukti-bukti ini harus dilakukan secara sistematis. Wikipedia berbahasa Indonesia sendiri mengartikan "Metode ilmiah atau proses ilmiah (bahasa Inggris: scientific method) merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisik." sehingga  jelaslah yang dipelajari dalam biologi adalah ilmu dan pengetahuan yang sudah terbukti melalui proses dan metode ilmiah.

Agar suatu penelitian bisa diterima sebagai teori, maka penelitian tersebut harus lolos uji coba berkali-kali melalui empat langkah dari unsur utama metode ilmiah berikut.
  1. Karakterisasi (pengamatan dan pengukuran)
  2. Hipotesis (penjelasan teoretis yang merupakan dugaan atas hasil pengamatan dan pengukuran)
  3. Prediksi (deduksi logis dari hipotesis)
  4. Eksperimen (pengujian atas semua hal di atas
 Agar suatu hipotesis bisa diakui sebagai teori ilmiah, maka hipotesis tersebut harus diuji berkali melalui 4 langkah diatas. jika hipotesis tersebut lolos barulah hipotesis tersebut diakui sebagai Teori Ilmiah. Karakter ilmu dikatakan ilmiah haruslah Bersifat kritis dan analitis, Bersifat logis, Bersifat obyektif, Bersifat empiris dan Bersifat konseptual.
 Untuk mendapatkan hasil penelitian dan proses yang baik, seorang peneliti harus memiliki sikaf-sikaf ilmiah.
Sikap-sikap ilmiah tersebut antara lain.
  1. Obyektif terhadap fakta

  2. Tidak tergesa-gesa mengambil kesimpulan 

  3. Terbuka

  4. Tidak mencampuradukkan fakta dengan pendapat

  5. Hati-hati

  6. Ingin menyelidiki atau keingintahuan  (couriosity)  yang tinggi.

  7. Menghargai karya orang lain

  8. Tekun

 

 

 

 

 

 

Category: , ,

About Biotakson:
Biotakson diambil dari kata biotaksonomi, yang artinya tingkatan-tingkatan dalam biologi, nama ini disesuaikan dengan kontent blog ini yang mengulas hal-hal yang berhubungan dengan biologi ditambah dengan komputer

0 komentar