Ruang Lingkup Biologi

Saifuddin Zuhri | Tuesday, October 17, 2017 | 0 komentar
Sumber Gambar: http://filependidikan.blogspot.co.id









Pengertian Biologi

Sebelum kita membahas ruang lingkup biologi, perlu kita uraikan dulu pengertian biologi.
biologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Bios dan Logos, Bios artinya hidup dan Logos artinya ilmu. sehingga jika dirangkaikan. Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup.
namun pada kenyataannya biologi tidak cukup mempelajari hanya makhkluk hidup saja, tetapi lebih luas biologi juga mengkaji tentang lingkungan abiotik.
Biotik artinya Benda/makhluk hidup, sedangkan Abiotik artinya Benda mati/Benda tak hidup, oleh karena itu, jika kita tulis secara lengkap, biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup (Biotik) dan dan Benda tak hidup/Benda Mati (Abiotik) serta segala sesuatu yang mempengaruhi keduanya. sehingga kedua komponen tersebut beserta interaksi dari keduanya dan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan kedua objek tersebut juga menjadi ruang lingkup biologi. Dengan kata lain Ruang Lingkup Biologi meliputi lingkungan biotik dan abiotik, segala sesuatu yang mempengaruhi keduanya beserta permasalahan-permasalahannya.



Objek kajian biologi 
Yang menjadi objek biologi adalah segala kehidupan organisme mulai dari tingkatan struktur yang paling rendah yaitu molekul hingga tingkatan yang tertinggi yaitu Biosfer.
Secara lengkap tingkatan struktur tersebut yaitu :
  1. Molekul, molekul ini merupakan zat-zat yang terdiri dari beberapa unsur seperti H2O.
  2. Sel, Sel merupakan unit terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup. Sel-sel ini  terdiri dari beberapa molekul.
  3. Jaringan, Jaringan disusun oleh beberapa sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
  4. Organ, Organ disusun oleh beberapa jaringan yang saling bekerjasama menjalankan fungsi didalam tubuh makhluk hidup.
  5. Sistem organ, sistem merupakan kumpulan dari organ-organ yang menjalankan fungsi yang sama.
  6. Organisme atau makhluk hidup tunggal atau bisa juga disebut sebagai individu merupakan kumpulan dari seluruh sistem organ yang saling bekerjasama menjalankan fungsi-fungsi dari kehidupan
  7. Populasi, populasi merupakan kumpulan dari individu-individu yag sejeni yang menempati suatu wilayah
  8. Komunitas, Komunitas merupakan suatu kesatuan dari komunitas-komuntias yang membentuk interaksi dengan komunitas-komunitas yang lain dalam lingkungan hidupnya. Contohnya ekosistem darat dan eksosistem air.
  9. Bioma, bioma merupakan bagian terkecil dari ekosistem yang ada didarat. contohn bioma hujan tropis dan bioma gurun





Category: ,

About Biotakson:
Biotakson diambil dari kata biotaksonomi, yang artinya tingkatan-tingkatan dalam biologi, nama ini disesuaikan dengan kontent blog ini yang mengulas hal-hal yang berhubungan dengan biologi ditambah dengan komputer

0 komentar